7 Makanan Khas Batang Plus Oleh Olehnya

Rate this post

Hi sobat Uenaak Nusantara,

Selalu senang menyapa  kalian pecinta kuliner nusantara. Semoga di hari ini kamu  tetap ceria dan tetap bersemangat menjalani apapun aktifitasmu.

Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang 7 Makanan Khas dan Oleh Oleh Kota Batang.  For Your Info nih gaess buat kalian yang belum tahu Kota Batang itu ada dimana sih?

Aku Kasih tahu ya…. Kota Batang tuh letaknya di Jawa Tengah dekat dengan Pekalongan. Buka Maps deh biar tidak penasaran.

Batang tuh punya tagline “Heaven of Asia” alias surganya Asia. Emang benar ya seindah itu. Coba deh buktikan sendiri dengan berkunjung kesana.

Nah kalau sudah sampai di Kota Batang, kamu wajib coba makanan khas disini yang enak dan rasanya bikin rindu untuk datang lagi.

Tapi sebelum kita lanjut, sedikit informasi buat kamu yang lagi cari jasa catering di Batang silahkan klik disini

Oke langsung saja ini dia 7 Masakan Khas Kota Batang untuk kamu :

  1. Soto Kebo Khas Batang

Yang pertama ada masakan berkuah dengan cita rasa kuah daging bening yang nikmat.  Hampir semua daerah di Jawa punya makanan soto khas masing-masing. Nah di Kota Batang yang menjadi khas adalah Soto Kebo. Menariknya dari soto ini adalah menggunakan daging kerbau. Tidak seperti soto lain yang umumnya menggunakan daging sapi. Soto Kebo makin nikmat rasanya dengan tembahan daun bawang dan bawang goreng. Apalagi ditambah dengan perasan jeruk nipis makin menambah cita rasa.

 

  1. Sotong Ireng

masakan khas batangKarena dekat dengan laut, sudah tentu olahan seafood menjadi salah satu makanan khas kota Batang. Ini dia Sotong Ireng yang kamu  wajib Cobain kenikmatan kuah hitam yang berasal dari tinta sotong dan daging sotongnya yang kenyal, gurih dan nikmat apalagi disantap dengan nasi hangat.

 

  1. Lodheh Cecek

Sayur Lodeh hampir bisa ditemukan di seluruh wilayah Jawa Tengah, yang menjadi ciri khas dari sayur Lodheh Cecek Kota Batang adalah cincangan Nangka mudanya alias disebutnya “cecek”. Disebagian tempat ada yang menambahkan udang pada sayur Lodheh Cecek. Kalau kamu alergi dengan udang, bisa kok untuk minta sayur lodheh nya yang polos saja.

 

  1. Nasi Megono

Kalau kamu dalam kondisi yang laper banget, pilihan menu paling pas adalah Nasi Megono. Beragam lauk pauk dan porsi nasi liwet yang pas sudah tentu bisa mengenyangkan perut kamu. Lauknya sendiri ada telur , tempe mendoan, ikan asin dan ditabur dengan parutan kelapa bakal memuaskan selera. Tidak lupa tambahan sambalnya yang bikin ketagihan.

 

  1. Soto Tauto

Kalau tadi ada soto kebo, nah Soto Tauto ini juga menjadi masakan khas kota Batang. Kombinasi isinya pun sangat berbeda ya. Campurannya ada irisan kol, potongan daun bawang, tauge, suwiran daging ayam, soun dan kuah kental. Sebagai tambahannya kamu bisa pakai hati ampela atau pakai paru goreng juga tambah nikmat.

 

  1. Lontong Lamprak

Fakta menarik dari nama makanan ini bukanlah dari komposisi makanannya. Tetapi dari cara orang memakannya. Lontong Laprak sendiri berisi potongan tahu, ayam, lontong dan kuah opor. Diberi nama Lamprak ya karena orang Batang sering menyantap makanan ini sambil duduk bersila diatas tikar alias “ngeLamprak”.

Jajanan Khas Batang

Kalau tadi kita sudah tahu tentang Masakan Khas Kota Batang, rasanya tidak lengkap kalau belum tahu apa sih Jajanan Khas Kota Batang. Nah tanpa basa basi lagi berikut ini daftar jajanan khasnya :

Getuk Iris

Getuk ini dibuat dengan bahan dasar ubi yang dikukus dan dihaluskan kemudian dibentuk memanjang. Dinamakan getuk iris karena penyajiannya yang baru akan disajikan oleh penjualnya dengan cara diiris dan dibungkus dengan daun pisang dan ditaburi kelapa dan gula merah setelah ada pembeli yang memesan.

Getuk Mawur

Getuk salah satu jajanan khas jawa tengah yang dengan mudah kamu temui di Kota Batang. Jajanan satu ini juga pas buat oleh-oleh lho.  Getuk ini berbahan dasar ubi yang sudah di kukus hingga matang kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk. Kemudian ditambahkan gula pasir dan parutan kelapa. Gurih dan manis. Enaknya dinikmati sambil seruput kopi atau teh di sore hari.

Corobikang

Jajanan pasar ini tidak boleh untuk kamu lewatkan. Tersedia hampir diseluruh pasar tradisional jadi sangat mudah untuk kamu dapatkan. Teksturnya berongga mirip dengan bika ambon hanya saja Corobikang dibuatnya mekar. Warna warninya yang menarik pastinya bikin mata melirik. Eh dari mata turun ke perut deh… bukan ke hati ya.

Surabi Kalibeluk

Surabi ini berasal dari desa kalibeluk yang ukuran surabinya lebih besar dari pada surabi dari daerah lain. Cara buatnya yang masih sangat tradisional yang bikin rasanya mempunyai citarasa tersendiri. Komposisinya terbuat dari santan, gula merah dan tepung beras.

Wah ternyata banyak juga ya kuliner yang bisa kita nikmati di Kota Batang. Makanan tadi juga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas kota Batang. Ditambah lagi dengan keripik dan batik yang juga banyak tersedia disini.

Indahnya keberagaman yang Tuhan berikan untuk negeri kita tercinta Indonesia. Selalu bersyukur dengan nikmat yang Tuhan berikan agar hidup lebih tenang dan damai.

Salam Uenaak, Makan enak tidur nyenyak.