Ini Dia Restoran Indonesia Di Amerika Serikat Yang Bisa Obati Rasa Kangen Kamu Dengan Selera Nusantara

Rate this post

Hi Sobat Uenaak Mancanegara.

Bagi warga negara Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat, kerinduan terhadap masakan Nusantara seringkali menjadi bagian yang mendalam dari pengalaman mereka. Jauh dari tanah air dan budaya kuliner yang mereka kenal, masakan Nusantara menjadi lambang nostalgia yang kuat, mengingatkan mereka akan kenangan, kehangatan, dan rasa yang dulu begitu akrab.

Kerinduan Masakan Indonesia Di Negeri Paman Sam

Setiap gigitan dari hidangan Indonesia membawa mereka kembali ke rumah, ke meja makan di rumah nenek atau ibu mereka, ke acara-acara keluarga dan teman-teman yang selalu diiringi dengan aroma wangi rempah-rempah. Rasa pedas, manis, gurih, dan asam dalam masakan Nusantara bukan sekadar rasa, tetapi juga menghidupkan kembali momen-momen berharga yang pernah mereka alami.

Di tengah hiruk-pikuk kehidupan di negeri orang, mencicipi rendang, nasi goreng, sate, atau gado-gado adalah seperti mengunjungi kembali kenangan yang pernah mereka lalui. Setiap suapan adalah penghubung emosional dengan identitas budaya mereka yang kaya akan warisan rasa dan tradisi.

Namun, kerinduan ini juga membawa dorongan untuk menciptakan suasana “rumah” baru di tengah lingkungan yang berbeda. Banyak warga Indonesia di Amerika Serikat bersatu untuk memasak dan berbagi hidangan Nusantara, tidak hanya untuk mengatasi kerinduan mereka, tetapi juga untuk memperkenalkan kekayaan kuliner Indonesia kepada teman-teman dan tetangga mereka. Acara-acara seperti potluck atau festival budaya menjadi jembatan untuk berbagi rasa dan cerita di balik setiap hidangan.

Dengan adanya restoran-restoran Indonesia di Amerika Serikat yang menyajikan masakan Nusantara, kerinduan ini bisa sedikit terobati. Meskipun tidak sepenuhnya sama dengan cita rasa di Indonesia, kehadiran restoran-restoran tersebut memberikan peluang bagi warga Indonesia dan masyarakat lokal untuk merasakan kembali kenikmatan dan kehangatan yang terkait dengan masakan Nusantara.

Jadi, bagi warga negara Indonesia di Amerika Serikat, masakan Nusantara bukan hanya sekadar makanan, tetapi juga jembatan yang menghubungkan mereka dengan akar budaya dan kenangan yang membentuk bagian tak terpisahkan dari identitas mereka.

Banyak orang dari Indonesia telah mengembangkan usaha restoran maupun warung makan di berbagai negara di luar batasannya. Beberapa dari tempat-tempat makan tersebut bahkan telah menarik perhatian luas dan dikenal karena menyajikan hidangan khas Indonesia di negara-negara asing.

Keberadaan restoran dengan keaslian Indonesia di mancanegara memungkinkan impian para diaspora yang tinggal di negara tersebut untuk merasakan lagi cita rasa kuliner Nusantara yang mereka rindukan. Di Amerika Serikat, contohnya, telah ada banyak restoran Indonesia yang dibuka dan mencuri perhatian dunia kuliner.

Daftar Restoran Indonesia Di Amerika Serikat

Jika Anda penasaran, tentu ingin tahu restoran-restoran mana saja yang dimaksud beserta lokasi pastinya, bukan? Nah, dalam hal ini, di kutip dari kumparanFOOD telah mengkompilasi informasi tentang lima restoran Indonesia yang dapat ditemukan di Amerika Serikat. Adakah di antara Anda yang pernah mencoba mengunjungi salah satunya?

Warung Selasa Di Kota New York

Akun TikTok dengan nama @consumingcouple menemukan suatu warung makan “rahasia” yang menawarkan hidangan Indonesia di kota New York. Dalam keterangan singkat video tersebut, tertulis, “Warung tersembunyi – Warung Selasa terletak di balik toko Indo Java di Queens Boulevard di Elmhurst!”.

Dalam video tersebut, terlihat dengan jelas bahwa warung sederhana ini menghadirkan bahan-bahan makanan khas Indonesia. Mereka menyajikan berbagai makanan ringan seperti Indomie, tahu campur, dan bubur singkong. Tahu campur, yang datang dengan tambahan daging, mi kuning, sambal, dan kerupuk, dihargai sebesar 14 dolar AS atau sekitar Rp 200 ribu, sementara bubur singkong manis dengan kuah santan ditawarkan seharga 6 dolar AS atau setara Rp 85 ribu.

Medan Kitchen Di California

Di California, Amerika Serikat, ada satu restoran menarik bernama Medan Kitchen yang telah didirikan. Yang istimewa, restoran ini dimiliki dan dijalankan oleh seorang nenek berusia 75 tahun bernama Siu Chen. Medan Kitchen buka sejak pukul 6 pagi, dan beroperasi hanya dalam rentang waktu 4 hari, yakni dari Kamis hingga Minggu.

Menu utama yang menjadi unggulan di sini adalah lontong Medan. Namun, Medan Kitchen tak hanya menghidangkan itu saja; mereka juga menyajikan hidangan lain seperti nasi kuning, nasi padang, nasi goreng kampung, mi gerobak, dan tahu goreng kriuk. Untuk harga paket menu makanan di restoran ini, dibanderol seharga 10 dolar AS atau sekitar Rp 143 ribu.

 Yono’s Restaurant Di Albany New York

Di Albany, New York, terdapat Yono’s Restaurant yang menghidangkan makanan khas Indonesia seperti bakmi, gado-gado, rendang, dan hidangan lainnya. Restoran ini beroperasi setiap hari kecuali Kamis dan Minggu, dengan jam buka dari pukul 5 sore hingga 10 malam.

Menariknya, restoran ini dimiliki oleh seorang koki Indonesia yang bernama Chef Yono Purnomo. Jika kamu berencana mengunjungi New York, restoran ini patut menjadi tujuan wisata kuliner yang tak boleh dilewatkan. Di sini, kamu bisa menikmati suasana elegan sambil menikmati cita rasa autentik Indonesia.

Awang Kitchen Di Elmust

Sejak tahun 2017, Awang Kitchen di Elmhurst telah berdiri dan kemudian kembali mencuri perhatian saat beberapa selebgram Indonesia mengunjunginya dalam rangka New York Fashion Week pertengahan tahun 2021. Salah satu menu yang sangat disukai di Awang Kitchen adalah Nasi Padang bungkus. Dalam bungkusannya, terdapat hidangan-hidangan berkualitas seperti dendeng balado, ayam gulai, dan aneka lauk lainnya. Untuk melengkapi hidangan, tersedia pula gulai nangka, irisan mentimun, dan perkedel.

Tidak hanya fokus pada Nasi Padang, Awang Kitchen juga menawarkan beragam pilihan menu yang menggugah selera. Antara lain seperti batagor, pempek, bubur ayam Betawi, nasi goreng tek-tek, ayam goreng kremes, gado-gado, rujak juhi, bakso beranak, soto ayam Lamongan, hingga karedok.

Warkop NYC

Untuk kamu yang ingin bernostalgia merasakan atmosfir tongkrongan di Indonesia, bisa minum kopi ala Warkop dengan cemilan dan makan mie rebus  bisa datang ke Warkop NYC.

Pada tanggal 3 Maret 2022, sebuah warung kopi bernama Warkop NYC resmi dibuka di alamat 366 West 52nd Street, New York. Pembukaan warkop ini telah menarik perhatian, tidak hanya di kalangan warga Indonesia tetapi juga masyarakat umum yang merasa berbangga atas kehadirannya di Amerika.

Warkop ini tidak hanya menyajikan menu Indomie seperti yang biasa ditemui di warung kopi di Indonesia, tetapi juga menawarkan berbagai hidangan sederhana seperti aneka bubur manis dan roti bakar. Tak hanya itu, harganya juga cukup terjangkau, cocok bagi para pekerja dan mahasiswa setempat. Sebagai contoh, satu porsi Indomie dihargai sekitar 3 dolar AS.

Dengan berbagai warung makan dan restoran yang menawarkan cita rasa Indonesia di berbagai penjuru Amerika Serikat, kerinduan akan masakan Nusantara bagi warga Indonesia yang tinggal di luar negeri sedikit demi sedikit terobati. Melalui warung kopi, restoran, dan dapur-dapur rahasia yang menjual hidangan-hidangan khas, kehangatan dan kenangan tanah air dapat diakses lebih dekat. Inilah bukti nyata bagaimana makanan tak hanya memenuhi kebutuhan fisik, tetapi juga memiliki kekuatan untuk menghubungkan hati dan budaya.

Terima kasih sudah menyimak artikel Restoran Indonesia Pengobat Rindu Di Tanah Paman Sam ini

Salam Uenaak

Makan Enak Tidur Nyenyak