Resep Bakso Sapi Homemade Enak dan Kenyal

Rate this post

Hi Foodies,

Bakso adalah salah satu makanan terfavorit di Indonesia. Tidak heran, cukup mudah menemukan warung atau pedagang yang menjajakan bola daging nikmat ini.

Kalau dulu bakso orisinilnya terbuat dari bahan daging sapi atau daging ayam saja. Sekarang ini sudah banyak variasi bakso dengan bahan isian bermacam-macam atau disajikan dengan cara yang berbeda.

Variasi bakso dengan isian misalnya isi keju, cabe, telur puyuh, atau dibuat dengan lidah sapi. Nah untuk penyajiannya sendiri bisa dipadukan dengan mie telur, bihun atau dengan variasi kuah misalnya bakso kuah coto di Makassar.

Buat kamu yang mau belajar bikin bakso sendiri di rumah, cocok banget nih dengan resep bakso sapi yang satu ini.

Seperti biasa kami selalu menyajikan informasi resep yang praktis dan tentu saja dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan terjangkau. Resep bakso sapi ini dibagikan oleh dapoersikoko. Untuk resep ini bisa untuk 5 porsi atau lebih.

Bahan Bakso Sapi Homemade

1 kg daging sapi segar (Jangan menggunakan daging beku)
4 Sendok teh Garam
1 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh baking powder
30 gram tepung tapioka
250 gram es batu
3 liter air untuk merebus

Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal

Pertama-tama masukkan daging, garam merica bubuk baking powder dan es batu dalam food processor. Proses hingga daging halus dan semua bumbu tercampur merata.

Keluarkan daging yang telah kita giling halus dari food processor kemudian simpan dalam wadah. Tambahkan 30 gram tepung tapioka lalu uleni hingga rata.

Panaskan air lalu kecilkan apinya setelah air mendidih. Ambil adonan daging dengan tangan lalu remas dan sendoki adonan bulat-bulat. Masukkan adonan yang sudah kita bentuk ke dalam air mendidih. Kerjakan sampai semua adonan daging habis.

Besarkan api keukuran sedang, masak sampai bakso sapi matang. Ketika bakso sapi mulai mengapung artinya bakso sapi sudah matang.

Angkat bakso sapi dan tiriskan.

Notes :

Kuah bekas merebus bakso tadi bisa kamu pakai kembali sebagai kuah bakso. Tinggal tambahkan sedikit bumbu penyedap rasa, garam dan merica.

Ada juga yang menambahkan tulang sapi untuk menambah kuat rasa kaldu sapinya.

Sebagai tambahan bisa kamu sediakan potongan daun bawang dan bawang goreng untuk rasa yang lebih nikmat.

Jika kamu tidak punya food processor dirumah. Daging sapi bisa kamu giling di penggilingan daging di pasar atau di tempat penggilingan daging terdekat di sekitar wilayahmu. Biasanya ongkosnya juga murah dan terjangkau.

Yang terpenting pastikan tempat penggilingan dagingnya menjaga kebersihan dan tidak menggiling daging yang tidak halal.

Nah sisa bakso yang belum sempat dimakan, bisa disimpan dalam freezer.

Penting !

Jangan gunakan daging yang telah disimpan dalam freezer karena bakso nantinya tidak segar atau tidak kenyal. Rasanya pun akan jauh berbeda dengan menggunakan daging segar.